Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Sunda SD Kelas 1
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Sunda SD
Setelah Penilaian Akhir Semester (PAS) maka saatnya kita menyusun rapor semester 1.
Kali ini admin akan share KIKD Bahasa Sunda untuk SD yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Berbasi Kurikulum 2013 revisi 2017
Kelas 1
TEMA |
KI 3 |
KI 4 |
3. Memahami pengeta- huan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan ben- da-benda yang dijumpai di rumah, sekolah. |
4. Menyajikan
pengetahu- an faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis
da- lam karya yang
estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tinda- kan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia. |
|
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
|
1. Diri Sendiri |
3.1 Mengenal
vokal dan konsonan
pada teks sederhana tentang
mera- wat diri sendiri (melalui menyebutkan
anggota badan, memperkenalkan diri, cara
merawat diri) (Tema 1). |
4.1 Melafalkan
dan menya- lin vokal
dan konsonan, (cara
menulis di udara di buku,
menjiplak dan menyambung huruf) tentang
merawat diri sendiri (Tema
1). |
2. Kegemaranku |
3.2 Mengenal kata pada teks sederhana tentang kegemaranku (bias menggunakan, kartu huruf dan kartu kata). (Tema2) |
4.2 Melafalkan dan menya- lin kata tentang
berba- gai kegemaran. (tema 2) |
3. Kegiatanku |
3.3 Mengetahui dan memaha- mi kata pada teks seder- hana tentang
kegiatanku (di rumah, sekolah, dan di lingkungan tempat bermain). (Tema 3) |
4.3 Menyalin dan merang- kaikan
huruf menjadi sebuah kata yang ter- diri dari dua suku kata
tentang kegiatanku (di rumah, di sekolah, atau di lingkungan tempat
bermain). (Tema3) |
4. Keluargaku |
3.4 Mengenal
dan memahami teks
sederhana tentang keluargaku
secara lisan dan
tulismelalui gambar, foto keluarga dan/atau bagan silsilah keluarga. (Tema 4) |
Mengucapkan kosa kata
yang tepat da- lam memperkenalkan
keluarga berdasarkan
foto keluarga/gambar.
(Tema 4) |
5. Pengalamanku |
3.5 Memahami teks
seder- hana tentang pengala- manku (Tema 5) |
4.5 Menceritakan dan me- nyalin
teks
sederhana tentang pengalamanku.
(Tema 5) |
6. Lingkungan Bersih, Sehat,
dan Asri |
3.6 Mengenal dan memahami teks
sederhana tentang lingkungan
bersih, sehat, dan asri. (Tema
6) |
4.6 Menceritakan dan me- nyalin teks sederhana tentang lingkungan bersih, sehat, dan asri. (Tema
6) |
7. Benda, Binatang, dan Tanaman
di sekitarku |
3.7 Mengenal dan memahami teks sajak sederhana, tentang benda, bina- tang, dan tanaman yang terdapat di sekitarku. (Tema7). |
4.7 Membacakan
teks sajak sederhana tentang
benda, binatang, dan tanaman di sekitarku menjadi kalimat
seder- hana. (Tema 7). |
8. Peristiwa Alam |
3.8 Memahami isi teks
kakawihan tentang
peris- tiwa alam. (Tema8) |
4.8 Menyanyikan
kakawihan tentang peristiwa alam. (Tema 8) |
Comments
Post a Comment