CARA BERTELEPON YANG BAIK
Berikut adalah tata cara bertelepon yang baik di dalam kantor:
1. Pegang gagang telepon dengan baik. Hal ini penting untuk menghindarkan
suara yang kita keluarkan tidak jelas . Perhatikan juga jarak telepon, jangan
terlalu dekat ataupun terlalu jauh dengan mulut kita.
2. Usahakan nafas kita pada saat berbicara tidak terdengar seperti
mendengus di telepon. Kasihan lawan bicara kita
3. Ucapkan salam baik pada saat kita menelpon atau menerima telepon,
seperti Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore dsb. Bila menerima telepon di
kantor biasanya kita sebutkan identitas perusahaan, salam, nama dan kalimat
bisa dibantu. Misal: PT Kolang-Kaling, Selamat pagi/siang/sore, dengan Dian
bisa dibantu..?
4. Jangan lupa tanyakan identitas penelpon dengan kalimat, boleh tahu
dengan Bapak/Ibu/Mas/Mbak siapa saya berbicara..?
5. Gunakan “Smiling Voice” selama pembicaraan berlangsung, bahkan sejak
pertama mengucapakan salam. Bagaimana sich membuat suara kita enak & empuk
didengar dan selalu seperti tersenyum..?ya kuncinya tersenyumlah selama
berbicara dan buat nada suara kita berada pada posisi suara rendah (jangan
melengking) dan menggunakan suara perut
6. Selama pembicaraan jaga kecepatan bicara kita (pitch control) agar tidak
terlalu cepat dan terlalu lambat
7.Simak baik-baik pesan atau kalimat yang diucapkan lawan bicara. Jangan
memotong pembicaraan. Bila perlu mencatat, siapkan selalu alat tulis di dekat
kita
8.Apabila tidak mengerti, tidak ada salahnya kita melontarkan pertanyaan
9. Simpulkan hal-hal penting sepanjang pembicaraan sebelum mengakhiri
pembicaraan
10.Akhiri pembicaraan dengan pertanyaan “apakah ada lagi yang bisa saya
bantu?” atau ada hal-hal penting yang terlewat untuk disampaikan. Bila tidak
maka ucapkan terima kasih dan jangan lupa ucapkan kembali salam
11.Yang menghubungi atau menelpon adalah yang meletakkan / menutup gagang
telepon terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindarkan adanya hal penting yang
mungkin belum disampaikan sepanjang pembicaraan dan telepon keburu ditutup atau
berkesan kita mentup/membanting telepon padahal lawan biacara belum selesai
berbicara.
Selamat mencoba, mudah-mudahan postingan ini bisa membantu mengingatkan
kita semua agar selalu bersikap santun saat meng handle telepon
dari seseorang
Tata Cara Bertelepon
Telepon adalah salah satu alat untuk berkomunikasi di kantor. Oleh sebab
itu, perlu diperhatikan etika dalam berbicara melalui telepon. Ada beberapa
cara yang harus dilakukan pada saat menerima atau menelepon orang lain.
Menerima telepon:
·
Pada saat telepon berbunyi, sebaiknya mengangkat gagang telepon sesegera
mungkin, jangan biarkan penelepon menunggu lama. Jangan mengangkat telepon yang
sedang berdering dengan kasar, karena hal itu menunjukkan ketidaksenangan dan
ketidaksopanan terhadap orang yang ada di sekitar Anda.
·
Menyebutkan nama instansi dan memberi salam kepada penelepon, misal:
Pointer, selamat pagi. Sampaikan salam dengan suara jelas dan tidak
terburu-buru.
·
Tanyakan dengan sopan siapa lawan bicara Anda tanpa terkesan
menginterogasi, misal: mohon maaf, boleh tahu dengan siapa saya bicara? Ada
yang bisa saya bantu?
·
Dengarkan baik-baik permintaan si penelepon, jangan memotong pembicaraan.
·
Jika penelepon berkepentingan dengan orang lain, maka sambungkan segera
kepada orang yang dituju, jelaskan siapa dan dari instansi mana si penelepon
tersebut kepada orang yang dituju.
·
Apabila orang yang dituju tidak ada di tempat, maka penerima telepon harus
bisa menerima pesan yang ingin disampaikan penelepon, catat dengan lengkap dan
jelas, tanyakan dan catat kapan dan di nomor berapa penelepon bisa dihubungi.
Pastikan pesan tersebut sampai kepada orang yang dimaksud.
·
Ucapkan terima kasih pada setiap akhir pembicaraan dan ucapkan kembali
salam selamat pagi/siang /sore.
·
Beri kesempatan kepada penelepon untuk menutup telepon terlebih dahulu.
Tutup telepon dengan perlahan.
·
Bersikaplah tersenyum dan duduklah dengan sopan pada waktu berbicara
melalui telepon karena sikap yang kurang ramah dan posisi duduk yang kurang
sopan dapat dirasakan oleh lawan bicara.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
·
Sikap mau membantu.
·
Jaga intonasi suara, jangan terlalu lemah tetapi juga jangan terlalu keras
seperti orang sedang marah.
·
Pilih kata-kata yang sopan, ramah, dan mudah dimengerti.
·
Jangan mengangkat telepon jika Anda masih berbicara dengan orang lain.
·
Jangan makan/minum selama berbicara di telepon.
·
Jangan menguap.
·
Jangan memotong pembicaraan.
·
Jangan berbicara dengan orang ketiga di sekitar Anda pada saat Anda sedang
berbicara di telepon.
·
Gunakan sapaan atau kalimat yang berbeda-beda sehingga tidak terkesan kaku.
Hindari menelepon pada kondisi
ribut di sekitar Anda
Comments
Post a Comment